5G nyata dan secepat kilat : Ini semua yang perlu Anda ketahui
Semakin banyak operator yang menghidupkan jaringan 5G mereka, meskipun jangkauannya masih terbatas.

By Everd Roy Muhea 16 Sep 2019, 16:37:12 WIB NewsIT
5G nyata dan secepat kilat : Ini semua yang perlu Anda ketahui

Keterangan Gambar : Semua Akan 5G


Setelah bertahun-tahun hype, operator akhirnya menyalakan jaringan 5G mereka. Tetapi penyebaran itu masih terbatas, jadi jangan kaget jika Anda tidak menemukan yang dekat. Untuk 5G , seperti halnya teknologi apa pun, berikan waktu.

Baik Verizon dan AT&T telah meluncurkan jaringan 5G seluler mereka , sementara KT mengatakan robot di Korea Selatan adalah pelanggan 5G pertamanya. Sprint menghidupkan jaringannya bersamaan dengan peluncuran ponsel LG V50 ThinQ 5G pada bulan Juni. Pembawa UK EE adalah yang pertama di negaranya untuk menyalakan 5G.

Namun kepastian virtual bahwa Anda bukan pelanggan 5G dari semua operator ini. Jaringan AT&T ada di 19 kota, termasuk Atlanta, Dallas dan New Orleans, tetapi pelanggannya semua adalah bisnis kecil dan operator menolak untuk membicarakan di mana jangkauan sebenarnya. Verizon, yang meluncurkan layanan rumah 5G musim gugur lalu, menyalakan jaringannya di Chicago dan Minneapolis pada awal April tetapi mengatakan kota-kota tersebut hanya memiliki kantong cakupan 5G.

Kembali pada bulan April, tes awal jaringan 5G Verizon berantakan , dengan cakupan yang tidak menentu dan tidak konsisten dan hanya beberapa area di mana Anda dapat mengalami kecepatan sebenarnya 5G dengan Motorola Z3 dan 5G Moto Mod-nya. Tetapi tes lanjutan pada bulan Mei dengan Samsung Galaxy S10 5G , yang memiliki radio 5G terintegrasi ke dalam ponsel, terbukti menjadi pengalaman yang jauh lebih baik , dengan kecepatan di atas 1 gigabit per detik, atau lebih cepat dari Google Fiber. Tes jaringan 5G Sprint menunjukkan kecepatan yang kurang mengesankan (tapi masih lebih cepat dari 4G LTE), tetapi jangkauannya lebih baik.

Ini mengikuti berbulan-bulan perusahaan memotong beberapa hype menit terakhir, dari Qualcomm berbicara selama Snapdragon Tech Summit pada bulan Desember tentang bagaimana teknologi akan berkembang tahun ini, ke sejumlah prototipe ponsel 5G yang ditampilkan di MWC 2019 . OnePlus pada bulan Mei meluncurkan varian OnePlus 7 Pro yang berjalan pada jaringan 5G baru EE dari operator Inggris. Huawei Mate 20 X 5G juga beroperasi pada EE.

Hal-hal yang membingungkan adalah penggunaan AT&T dari 5G E sebagai nama untuk versi lanjutan 4G LTE-nya. Untuk lebih jelasnya, BUKAN 5G.

Semua ini berarti 5G beranjak dari janji bertahun-tahun - sejak Verizon berbicara tentang pindah ke daerah itu tiga tahun lalu - menjadi kenyataan. Di luar dorongan kecepatan besar, 5G telah disebut sebagai teknologi dasar yang akan menambah biaya besar seperti mobil self-driving , virtual dan augmented reality dan layanan telemedicine seperti operasi jarak jauh .

Tapi apa sebenarnya 5G? Mengapa orang begitu bersemangat? Berikut ini adalah uraian mengapa teknologi nirkabel generasi mendatang lebih dari sekadar peningkatan kecepatan, dan mengapa Anda harus bersemangat.


Apa itu 5G?

Ini adalah generasi berikutnya (kelima) teknologi seluler, yang berjanji untuk sangat meningkatkan kecepatan, jangkauan, dan daya tanggap jaringan nirkabel. Seberapa cepat kita berbicara? Jaringan Verizon menunjukkan kecepatan yang melampaui 1 gigabit per detik.

Itu 10 hingga 100 kali lebih cepat daripada koneksi seluler biasa Anda, dan bahkan lebih cepat dari apa pun yang Anda dapatkan dengan kabel serat optik fisik yang masuk ke rumah Anda. (Dalam kondisi optimal, Anda akan dapat mengunduh Stranger Things dalam satu musim dalam hitungan detik.)

Apakah hanya tentang kecepatan?

Tidak! Salah satu manfaat utama adalah sesuatu yang disebut latensi rendah . Anda akan sering mendengar istilah ini. Latensi adalah waktu respons antara saat Anda mengklik tautan atau mulai mengalirkan video di telepon Anda, yang mengirimkan permintaan ke jaringan, dan ketika jaringan merespons, mengantarkan Anda ke situs web atau memutar video Anda.

Waktu jeda itu dapat bertahan sekitar 20 milidetik dengan jaringan saat ini. Kelihatannya tidak banyak, tetapi dengan 5G, latensi itu berkurang menjadi hanya 1 milidetik, atau sekitar waktu yang diperlukan untuk flash pada kamera normal .

Ketanggapan itu sangat penting untuk hal-hal seperti bermain video game yang intens dalam realitas virtual atau untuk ahli bedah di New York untuk mengendalikan sepasang lengan robot yang melakukan prosedur di San Francisco, meskipun latensi masih akan dipengaruhi oleh jangkauan tertinggi sambungan. Koneksi yang hampir bebas lag berarti mobil self-driving memiliki cara untuk berkomunikasi satu sama lain secara real time - dengan asumsi ada cukup cakupan 5G untuk menghubungkan kendaraan-kendaraan tersebut.

Bagaimana cara kerjanya?

5G awalnya menggunakan spektrum frekuensi super tinggi, yang memiliki jangkauan lebih pendek tetapi kapasitas lebih tinggi, untuk menghasilkan pipa besar untuk akses online. Tetapi mengingat jangkauan dan masalah interferensi, operator juga menggunakan spektrum frekuensi yang lebih rendah - jenis yang digunakan dalam jaringan saat ini - untuk membantu mengangkut 5G melintasi jarak yang lebih jauh dan melalui dinding dan penghalang lainnya.

Sprint mengklaim memiliki jaringan 5G terbesar karena menggunakan pita spektrum 2,5 gigahertz, yang menawarkan jangkauan lebih luas. T-Mobile berencana meluncurkan jaringan 5G yang lebih besar di babak kedua berkat penggunaan spektrum pita-rendah. Dan AT&T mengatakan berencana untuk menawarkan cakupan 5G secara nasional di atas spektrum Sub-6 pita rendahnya pada awal 2020.

Hasilnya adalah kecepatan gila yang dijanjikan perusahaan tidak akan selalu ada, tetapi kita masih akan melihat dorongan besar dari apa yang kita dapatkan hari ini dengan 4G LTE .

Di mana operator ini mendapatkan spektrum?

Beberapa dari operator ini sudah mengendalikan petak gelombang radio frekuensi tinggi yang kecil, tetapi banyak yang harus membeli lebih banyak dari pemerintah. Operator di seluruh dunia bekerja dengan pemerintah masing-masing untuk membebaskan spektrum yang diperlukan. Di AS, Komisi Komunikasi Federal mengadakan lebih banyak lelang untuk apa yang disebut spektrum gelombang milimeter, yang diikuti semua operator.

Apakah ada manfaat lain?

Jaringan 5G dirancang untuk menghubungkan perangkat yang jauh lebih banyak daripada jaringan seluler tradisional. Bahwa tren hal-hal internet yang terus Anda dengar? 5G dapat memberi daya pada beberapa perangkat di sekitar Anda, baik itu kerah anjing atau kulkas.

Jaringan 5G juga secara khusus dibangun untuk menangani peralatan yang digunakan oleh bisnis , seperti peralatan pertanian atau ATM. Melampaui kecepatan, ini juga dirancang untuk bekerja secara berbeda pada produk yang terhubung yang tidak memerlukan koneksi konstan, seperti sensor untuk pupuk. Pemindai berdaya rendah seperti itu dimaksudkan untuk bekerja pada baterai yang sama selama 10 tahun dan masih dapat mengirim data secara berkala.

Kedengarannya bagus, tetapi kapan 5G bisa sampai di sini?

Verizon meluncurkan layanan "5G" pertama di dunia pada bulan Oktober, tetapi ini sedikit teknis - penggantian broadband tetap, bukan layanan seluler. Pemasang harus memasukkan peralatan khusus yang dapat mengambil sinyal 5G dan mengubahnya menjadi koneksi Wi-Fi di rumah sehingga perangkat lain Anda dapat mengaksesnya.

Ada juga beberapa perdebatan tentang apakah layanan tersebut bahkan memenuhi syarat sebagai 5G: Tidak menggunakan standar yang telah disepakati industri. Perusahaan ingin melompat maju, dan menggunakan teknologi miliknya sendiri. Verizon berpendapat bahwa kecepatan, yang berkisar dari 300 megabit per detik hingga 1 gigabit per detik, memenuhi syarat layanan untuk penunjukan 5G. Pesaingnya dan pakar seluler lainnya membantah klaim itu.

Peluncuran ini sangat terbatas di lingkungan tertentu di Houston, Indianapolis, dan Los Angeles dan Sacramento, California. (Beri tahu kami jika Anda termasuk di antara segelintir orang yang beruntung mendapatkannya.) Verizon telah melakukan jeda saat peluncuran hingga dapat mengubah hal-hal menjadi standar 5G yang diakui secara global.

Pada akhir Desember, AT&T menyalakan jaringan 5G selulernya di selusin kota, dan lebih khusus lagi di "daerah perkotaan padat dan lalu lintas tinggi." Perhatikan, Verizon: AT&T menyombongkan diri bahwa ini adalah "perusahaan pertama dan satu-satunya di AS yang menawarkan perangkat 5G seluler melalui jaringan 5G seluler berbasis komersial yang komersial." Ia berencana untuk meningkatkan jangkauannya ke total 22 kota di 2019.

Tetapi jaringan tidak tersedia untuk konsumen, dan itu tetap menjadi misteri di mana Anda benar-benar bisa mendapatkan liputan.

Verizon meluncurkan layanan seluler 5G di Chicago dan Minneapolis, dan merupakan yang pertama menawarkannya kepada konsumen. Demikian juga, jaringan Sprint tersedia di empat kota dengan LG V50-nya, dengan rencana untuk meluncurkan di lima kota lagi pada akhir babak pertama.

Bagaimana dengan 5G E ini dari AT&T?

Maaf, tapi itu lebih banyak omong kosong pemasaran. 5G E AT&T adalah singkatan dari 5G Evolution, atau jaringan 4G LTE yang ditingkatkan yang memiliki jalur ke 5G nyata.

Tetapi penunjukan, yang muncul di ponsel awal tahun ini, telah menyebabkan beberapa kebingungan konsumen, dengan beberapa berpikir mereka sudah memiliki 5G. Untuk lebih jelasnya, tidak, dengan banyak bashing AT&T untuk pelanggan yang menyesatkan. Sprint mengajukan gugatan terhadap AT&T , yang, menurut juru bicara AT&T, perusahaan "diselesaikan secara damai." AT&T mengatakan "bangga" bahwa ia menggunakan nama 5G E.

5G E memang membawa kecepatan lebih tinggi, tetapi bukan jenis manfaat nyata yang akan diberikan 5G nyata.

Tidak ada ponsel 5G? Tidak bisakah saya mengambil 5G dengan ponsel cerdas saya yang ada?

Maaf tidak. Teknologi 5G membutuhkan set antena tertentu yang belum tersedia. Sebagai contoh, LG V50 Sprint secara khusus disetel untuk jaringan 5G-nya. Demikian juga, Samsung Galaxy S10 5G disetel untuk jaringan Verizon, meskipun juga akan bekerja pada operator lain setelah perjanjian eksklusivitas berakhir.

Banyak ponsel akan menggunakan modem Qualcomm X50 , yang dirancang khusus untuk memanfaatkan spektrum 5G. Nanti ponsel akan menggunakan chip generasi kedua yang mengambil lebih banyak band spektrum.

Anda dapat mengharapkan lebih banyak ponsel 5G diluncurkan akhir tahun ini.

galaxy-note-10-galaxy-s10-5g

Samsung, LG, Motorola: Seberapa cepat kita dapat mengharapkan ponsel 5G?

Adakah yang harus saya khawatirkan?

Spektrum frekuensi tinggi adalah kunci untuk pickup besar dalam kapasitas dan kecepatan, tetapi ada kelemahannya. Kisarannya tidak bagus, terutama ketika Anda memiliki penghalang seperti pohon atau bangunan. Akibatnya, operator harus mengerahkan lebih banyak radio seluler kecil, sel kecil yang secara kreatif dinamai, di sekitar area mana pun yang mendapatkan sinyal 5G.mereka.

Bagaimana dengan risiko kesehatan?

Sudah lama ada kekhawatiran bahwa sinyal seluler dapat menyebabkan kanker. Sayangnya, belum ada banyak penelitian untuk secara meyakinkan membuktikan atau menyangkal bahwa ada risiko kesehatan.

Itu membuka pintu untuk kekhawatiran tentang 5G. Sementara beberapa jaringan itu akan berjalan pada frekuensi super tinggi, para peneliti mencatat bahwa itu masih berada di bawah kategori radiasi yang tidak seharusnya membahayakan sel-sel kita.

Namun, para kritikus mengatakan tidak ada penelitian yang cukup dalam masalah ini, dan studi yang telah dilakukan tidak memadai. Organisasi Kesehatan Dunia mencantumkan sinyal seluler sebagai karsinogen potensial. Tetapi juga mencatat acar sayuran dan kopi sebagai karsinogen juga.

Tetap saja, itu adalah sesuatu yang orang khawatirkan.

Seberapa luas 5G akan tersedia pada 2019?

Inilah kekhawatiran lainnya: 5G mungkin masih menjadi kemungkinan teoretis bagi banyak orang.

T-Mobile mengatakan akan diluncurkan di 30 kota tahun ini , AT&T akan memiliki 22 kota, sementara Sprint akan memiliki sembilan kota di babak pertama . Namun tidak jelas seberapa luas cakupannya. Secara global, Cina, Jepang dan Korea Selatan berlomba untuk membangun jaringan 5G mereka, dengan Eropa menghidupkan jaringan 5G sendiri sekarang .

Secara mengejutkan, Sprint dapat memiliki jejak kaki 5G terluas pada paruh pertama tahun ini, dengan cakupan lebih dari 1.000 mil persegi di sembilan kota. Itu bukan jumlah yang besar.

Jadi jangan merasa Anda harus bergegas untuk membeli smartphone 5G pertama itu. Kemungkinannya, layanan tidak akan tersedia secara luas hingga 2020 atau lebih.

Juga, sementara beberapa orang melihat 5G membantu meningkatkan cakupan untuk semua orang, daerah pedesaan kemungkinan akan kehilangan untuk sementara waktu, karena mereka kekurangan infrastruktur untuk mendukung semua radio sel.

Akankah harganya lebih mahal?

Jika Anda adalah pelanggan Verizon, maka ya. Layanan 5G akan dikenakan biaya $ 10 lebih per bulan (biaya dihapuskan untuk saat ini). Orang lain cenderung mengikuti.

"5G menghadirkan kemampuan yang akan menyebabkan kami berpikir berbeda tentang harga," kata AT&T. "Kami memperkirakan harga akan lebih tinggi dari yang kami bebankan hari ini."

Itu gema komentar yang dibuat pada bulan Maret oleh CEO Sprint saat itu, Marcelo Claure, yang mengatakan dia melihat 5G sebagai layanan premium. CEO baru Michel Combes menolak mengomentari penetapan harga, tetapi belum ada premi yang ditambahkan.

Ada preseden untuk memegang garis: LTE tidak ada biaya lagi ketika pertama kali keluar; Anda hanya perlu membeli telepon baru. Namun model penetapan harga berubah seiring waktu. Sejak 4G diluncurkan, operator mengambil paket tak terbatas dan membawanya kembali.

Layanan broadband rumah Verizon biaya $ 50 untuk pelanggan nirkabel, dan $ 70 untuk orang lain. Itu sejalan dengan biaya broadband lainnya. (Anda dapat mengetahui apakah Anda memenuhi syarat untuk layanan di sini .)

Layanan 5G seluler AT&T akan gratis untuk pelanggan "pilih" selama 90 hari pertama. Setelah itu, perusahaan akan mengenakan biaya $ 499 untuk hotspot plus $ 70 per bulan untuk paket dengan batasan data 15GB.


Glosarium 5G kami

Ingin memamerkan pengetahuan 5G Anda kepada teman-teman Anda? Atau tampak seperti orang terpintar di sebuah pesta? Lihat daftar istilah 5G kami di bawah ini.

5G NR

Bit 5G cukup jelas, tetapi NR adalah singkatan dari New Radio. Anda tidak perlu tahu banyak tentang hal ini di luar fakta bahwa itu adalah nama standar yang digunakan seluruh industri nirkabel, dan baru keluar pada bulan Desember.

Itu penting karena itu berarti semua orang berada di halaman yang sama ketika datang ke jaringan 5G seluler mereka. Operator seperti AT&T dan T-Mobile mengikuti 5G NR saat mereka membangun jaringan mereka. Tetapi Verizon, yang mulai menguji 5G sebagai layanan penggantian broadband sebelum standar disetujui, belum menggunakan standar - belum. Perusahaan mengatakan pada akhirnya akan mengadopsi 5G NR untuk layanan broadband-nya, dan jaringan selulernya juga menggunakan standar NR.

Gelombang milimeter (Millimeter wave)

Semua jaringan seluler menggunakan gelombang udara untuk mengangkut data melalui udara, dengan jaringan standar menggunakan spektrum dalam pita frekuensi yang lebih rendah seperti 700 megahertz. Secara umum, semakin tinggi band atau frekuensinya, semakin tinggi kecepatan yang dapat Anda capai. Konsekuensi dari frekuensi yang lebih tinggi, adalah rentang yang lebih pendek.

Untuk mencapai kecepatan 5G yang gila itu, Anda membutuhkan spektrum frekuensi yang sangat, sangat tinggi. Kisaran gelombang milimeter jatuh antara 24 gigahertz dan 100 gigahertz.

Masalah dengan spektrum frekuensi super-tinggi, selain jarak dekat, adalah cukup rewel - daun berhembus ke arah yang salah dan Anda mendapat gangguan. Lupakan rintangan seperti dinding. Perusahaan seperti Verizon bekerja menggunakan perangkat lunak dan trik penyiaran untuk mengatasi masalah ini dan memastikan koneksi yang stabil.

Sel kecil (Small cell)

Cakupan seluler tradisional biasanya berasal dari menara raksasa berserakan dengan radio dan antena yang berbeda. Antena-antena itu dapat menyiarkan sinyal pada jarak yang jauh, jadi Anda tidak perlu banyak. Sel kecil sebaliknya: radio ukuran ransel dapat digantung di lampu jalan, tiang, atap rumah atau area lainnya. Mereka dapat menyiarkan sinyal 5G hanya dalam jarak dekat, sehingga idenya adalah untuk memiliki sejumlah besar dari mereka dalam jaringan yang padat.

Beberapa kota memiliki jaringan padat semacam ini, tetapi jika Anda pergi ke luar area metro, di situlah sel-sel kecil menjadi lebih banyak tantangan.

Sub-6GHz

Mengingat betapa merepotkannya spektrum pita tinggi (lihat bagian "gelombang milimeter" di atas), ada gerakan untuk merangkul spektrum pada frekuensi yang jauh lebih rendah, atau apa pun yang lebih rendah dari 6GHz. Manfaat tambahan adalah bahwa operator dapat menggunakan spektrum yang sudah mereka miliki untuk menjalankan jaringan 5G. T-Mobile, misalnya, memiliki spektrum 600MHz yang rencananya akan digunakan untuk mendukung penyebaran 5G-nya. Sebelum sub-6GHz, itu tidak mungkin.

Itu sebabnya Anda melihat lebih banyak operator merangkul spektrum frekuensi rendah.

Tetapi spektrum frekuensi yang lebih rendah memiliki masalah yang berlawanan: Meskipun mencapai jarak yang sangat jauh, ia tidak memiliki kecepatan dan kapasitas yang sama dengan spektrum gelombang milimeter.

Yang ideal di telepon adalah untuk operator menggunakan perpaduan keduanya.

LTE Gigabit

Anda mendengar lebih banyak tentang Gigabit LTE sebagai prekursor 5G. Pada akhirnya ini tentang kecepatan yang jauh lebih tinggi pada jaringan LTE yang ada. Namun pekerjaan yang dilakukan untuk membangun jaringan Gigabit LTE memberikan dasar untuk 5G.

Untuk lebih lanjut tentang Gigabit LTE, baca penjelasan kami di sini .

MIMO

Singkatan dari "multiple input, multiple output." Pada dasarnya, ini adalah ide untuk mendorong lebih banyak antena ke telepon kita dan di menara seluler. Dan Anda selalu dapat memiliki lebih banyak antena. Mereka memberi makan ke jaringan Gigabit LTE yang lebih cepat, dan perusahaan menyebarkan apa yang dikenal sebagai 4x4 MIMO, di mana empat antena dipasang di telepon.

Agregasi operator (Carrier aggregation )

Operator nirkabel dapat mengambil band frekuensi radio yang berbeda dan mengikatnya bersama sehingga ponsel seperti Samsung Galaxy S8 dapat memilih dan memilih yang paling cepat dan paling padat yang tersedia. Anggap saja sebagai jalan raya tiga jalur sehingga mobil dapat masuk dan keluar tergantung pada jalur mana yang memiliki lalu lintas lebih sedikit.

QAM

Ini adalah istilah yang sangat teknis, saya bahkan tidak repot-repot menjelaskan nuansanya. Singkatan dari modulasi amplitudo quadrature. Lihat? Jangan khawatir tentang itu.

Yang perlu Anda ketahui adalah memungkinkan lalu lintas bergerak cepat dengan cara yang berbeda dari agregasi operator atau MIMO. Ingat analogi jalan raya itu? Nah, dengan 256 QAM, Anda akan memiliki trailer traktor besar yang membawa data, bukan mobil kecil. MIMO, agregasi operator dan QAM sudah masuk ke jaringan 4G, tetapi mereka memainkan peran penting dalam 5G juga.

Balok membentuk (Beam forming)

Ini adalah cara untuk mengarahkan sinyal 5G ke arah tertentu, yang berpotensi memberi Anda koneksi spesifik Anda sendiri. Verizon telah menggunakan pembentukan balok untuk spektrum gelombang milimeter, mengatasi penghalang seperti dinding atau pohon.

Spektrum tanpa izin (Unlicensed spectrum) 

Semua jaringan seluler bergantung pada apa yang dikenal sebagai spektrum berlisensi, yang mereka miliki dan beli dari pemerintah.

Tetapi pindah ke 5G datang dengan pengakuan bahwa tidak ada spektrum yang cukup ketika datang untuk mempertahankan cakupan yang luas. Jadi operatornya pindah ke spektrum yang tidak berlisensi, mirip dengan jenis gelombang udara gratis yang digunakan jaringan Wi-Fi kami.

Mengiris jaringan (Network slicing)

Ini adalah kemampuan untuk mengukir sepotong spektrum individu untuk menawarkan perangkat tertentu jenis koneksi yang mereka butuhkan. Misalnya, menara seluler yang sama dapat menawarkan koneksi daya yang lebih rendah, lebih lambat ke sensor untuk meteran air yang terhubung di rumah Anda, sementara pada saat yang sama menawarkan koneksi latensi yang lebih rendah, lebih rendah ke mobil self-driving yang menavigasi di waktu sebenarnya.

Apakah Anda mendengar lebih banyak istilah terkait 5G yang membingungkan Anda? Hubungi kami dan kami akan memperbarui cerita ini dengan ketentuan tambahan.




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment