Mengenal Google Photo : Aplikasi Penyimpanan Photo
Series Mengenal Produk Google : Google Photo

By Everd Roy Muhea 16 Sep 2019, 17:48:41 WIB Tutorial
Mengenal Google Photo : Aplikasi Penyimpanan Photo

Keterangan Gambar : Google Photo


Bagi Anda yang menggunakan hp Android, mungkin sudah familiar dengan beberapa aplikasi bawaan Google, salah satunya Google Photo. Biasanya aplikasi bawaan ini tidak bisa di-uninstall dan ‘terpaksa’ harus Anda simpan. Tapi jangan salah, karena aplikasi foto ini menawarkan banyak keuntungan jika Anda tahu cara menggunakan Google Photo dengan benar. 

Pasalnya, bagi sebagian pengguna kehadiran Google Photo ini kurang mendapat perhatian. Apalagi umumnya pabrikan ponsel Android sudah menyediakan aplikasi sejenis bernama Gallery yang digunakan untuk membuka dan mengatur koleksi foto dan video diambil menggunakan kamera. Lalu mengapa Google harus memasukkan Google Photo ke dalam hp Android? 

Ternyata Google Photo memiliki fungsi lebih dari sekedar galeri tempat penyimpanan media visual dan cukup populer di kalangan profesional. Jika ingin tahu lebih lanjut mengenai Google Photo, fungsi dan bagaimana Anda bisa menggunakannya, berikut kami berikan ulasannya. 

Mengenal Google Photo

Sebelum masuk ke pembahasan cara menggunakan Google Photo, mari kenalan dulu dengan aplikasi bawaan Android ini. Google Photo adalah aplikasi penyimpan dan juga berbagi foto yang dikembangkan oleh Google dan telah eksis sejak tahun 2015.

Tidak hanya untuk Android saja, Google Photo juga memiliki versi untuk iOS dan juga versi web sehingga bagi Anda yang tidak menggunakan Android sebagai sistem operasi smartphone masih bisa menggunakan aplikasi ini dan mencarinya di app store perangkat Anda.

Beda Google Photo dan Gallery

Google Photo

Apa yang membedakan Google Photo dibandingkan dengan aplikasi galeri yang sudah ada di hp Anda?

1. Mode pencarian yang lebih cerdas

Salah satu fitur yang jadi andalan Google Photo adalah kemampuannya yang bisa langsung menandai foto atau video berdasarkan dengan lokasi, facial recognition, dan juga tipe dari medianya seperti misalnya selfie, screenshot, video, dan sebagainya.

Lalu dikelompokkan menjadi kategori tertentu sehingga pengguna bisa dengan mudah mencari media yang ingin dibuka tanpa harus scroll sampai ke bawah. Makin sering Anda menggunakannya makin cerdas Google Photo menyajikan hasil pencarian di mana Anda bisa mengetikkan kata kunci media yang ingin dicari misalnya lokasi maupun tipe media.

2. Berbagi foto atau video jadi lebih mudah

Anda bisa membagikan media ke aplikasi lain seperti layaknya aplikasi galeri pada umumnya. Tapi selain itu Anda bisa membagikan media dalam bentuk tautan untuk diunduh orang lain, bisa membuat album bersama yang bisa diisi juga oleh orang lain, dan mengatur apa saja yang bisa dilakukan orang lain terhadap album bersama tersebut misalnya menambahkan foto, mengisi komentar, hanya bisa dibuka saja, dan lainnya.

3. Live albums

Fitur Google Photo ini memungkinkan Anda untuk memilih salah satu kategori media yang ingin dibagikan misalnya hewan peliharaan, bayi, orang tua, atau yang lainnya, pilih siapa saja yang jadi penerima kiriman media Anda, kemudian Google Photo akan secara otomatis menambahkan foto yang relevan dengan kategori media yang Anda bagikan sehingga Anda tidak harus memilih satu per satu dari isi galeri.

4. Edit foto secara profesional

Selain memiliki fitur edit yang dasar seperti crop, rotate,  dan memperbaiki warna, Google Photo juga menyediakan filter ala Instagram, bisa juga menambahkan atau menghilangkan cap tanggal dan waktu pengambilan foto, bisa juga menggunakan beberapa foto untuk dijadikan animasi atau film pendek.

5. Cloud storage

Fitur Google Photo lain yang membuatnya jadi aplikasi berbagi media yang terbaik adalah kemampuannya untuk melakukan back up media yang ada di perangkat Anda ke layanan cloud storage. Artinya, Anda bisa mengunduh media yang Anda simpan di akun cloud storage di mana saja menggunakan perangkat apa saja.

Dengan begitu jika terjadi insiden smartphone hilang atau rusak, Anda tidak perlu kehilangan semua data media karena sudah disimpan di cloud storage. Back up bisa dilakukan menggunakan koneksi data maupun WiFi. 

Cara Download Google Photo

Bagi yang menggunakan perangkat smartphone atau tablet Android umumnya sudah dilengkapi dengan Google Photo sebagai aplikasi bawaan. Tapi jika belum ada Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store. Sedangkan untuk sistem operasi iOS bisa mengunduhnya Apps Store. Unduh Google Photo seperti Anda mengunduh aplikasi seperti biasa kemudian klik “install” dan tunggu prosesnya sampai selesai. 

Cara Menggunakan Google Photo

Google Photo
Berikut cara menggunakan Google Photo yang mungkin belum Anda ketahui :

  • Install aplikasinya ke perangkat Anda, setelah selesai Anda bisa mulai menggunakan Google Photo untuk mengorganisir dan memilah media yang tersimpan di perangkat.
  • Untuk menghapus cukup tekan pada media yang dipilih kemudian klik ikon sampah yang muncul di atas layar. Anda bisa mengatur back up hanya jika terhubung dengan koneksi WiFi saja dengan mengklik ikon gear untuk masuk ke menu pengaturan.
  • Foto dengan resolusi lebih dari 16MP jika ingin disimpan di cloud maka akan akan dikompres secara otomatis menjadi 16MP maksimal namun resolusi yang tersimpan di perangkat Anda tidak akan berubah.
  • Anda bisa menyimpan media dalam format RAW atau tanpa alterasi dengan melakukan pengaturan di menu, dan bisa disimpan di Google Drive dengan jatah 15GB secara gratis, jika ingin yang lebih besar Google menyediakannya tapi Anda harus bayar.
  • Google Photo juga bisa diorganisir menggunakan Assistant dengan mengklik ikon bintang dalam kotak yang ada di bagian bawah layar. Assistant bisa digunakan untuk memudahkan Anda dalam mengorganisir foto dalam kategori atau tag yang sama, membuat animasi menggunakan foto yang mirip dengan lebih mudah, dan sebagainya.
  • Untuk membagikan media, pilih media yang ingin dibagikan atau diunggah dengan menekannya hingga muncul pilihan ikon menu, pilih ikon sharing kemudian akan muncul berbagai macam platform atau aplikasi untuk membagikan media. Anda juga bisa membuat tautan untuk media Anda dengan memilih “get link” yang URL-nya bisa di-copy untuk dibagikan ke email maupun platform yang lain.

Itulah pembahasan mengenai Google Photo yang bisa Anda ketahui. Jika ada ulasan lain bisa Anda tambahkan di kolom komentar. Semoga membantu!

Sumber : pricebook.co.id




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment