PERBANDINGAN WINDOWS ORIGINAL VS WINDOWS BAJAKAN
Windows Orginal atau yang asli memberi kemudahan dibanding anda memilih bajakan

By Everd Roy Muhea 17 Sep 2019, 10:32:38 WIB Operating System
PERBANDINGAN WINDOWS ORIGINAL VS WINDOWS BAJAKAN

Keterangan Gambar : Ilustrasi, happy menggunakan Orginal Windows-hilangnya kecemasan


Alasan utama banyak orang yang lebih memilih Windows versi bajakan pasti karena Windows genuine atau original memang punya harga yang bisa dibilang mahal. Terlebih, karena kini makin banyaknya website-website yang menyediakan link download Windows bajakan di Internet, menjadikan orang memilih Windows bajakan daripada membeli lisensi Windows originalnya.

 

Memangnya apa sih bedanya? dan apa untungnya memakai Windows Genuine? Admin kali ini akan berbagi perbedaan antara Windows genuine dan Windows bajakan, serta alasan mengapa kamu harus pakai Windows original.

 

 

1. Personalisasi PC

Salah satu perbedaan yang cukup mencolok antara Windows ori dan bajakan adalah fitur personalization. Windows original diberi akses penuh terhadap personalisasi PC-nya, sedangkan pengguna bajakan tidak dibberi akses untuk melakukan personalisasi PC-nya, seperti pengaturan background, warna, lockscreen, taskbar, hingga tema.

2. Antivirus & Pelindung


Menggunakan Windows bajakan tidak menjamin PC kamu aman dari virus. Fitur keamanan yang diberikan Windows bajakan tidak akan sekuat Windows original, dan tentunya juga cukup rawan untuk terkena virus dan sebagainya. Namun, kalo kamu memakai Windows genuine (original) kamu akan diberi akses penuh untuk melindungi PC kamu dari serangan berbagai virus, spyware, hingga malware dengan adanya fitur real-time protection.

3. Update Sistem Operasi Terbaru


Windows Update, seperti menjadi hal yang dihindari, karena windows versi bajakan apabila terupdate ke versi terbaru tentunya akan ketahuan oleh Mincrosoft, dan kamu bakalan nggak tenang karena banyaknya pemberitahuan untuk membeli lisensi Windows original. Namun, setelah kamu telah mengaktivasi Windows kamu dengan lisensi original kamu akan mendapat pelayanan Windows update secara penuh, sehingga versi Windows kamu nggak akan ketinggalan, dan terus mengikuti perkembangan Windows dengan fitur2 baru nantinya.

4. Legal Secara Hukum


Negara kita Indonesia memang secara tegas melarang adanya pembajakan karena itu sudah jelas melangggar hak cipta dari pihak pengembang. Dengan kita menggunakan software dan sistem operasi Windows yang original, secara langsung kita ikut menaati peraturan yang ada di negara kita sekaligus juga menghargai jasa para developer yang merancangnya.

Di beberapa bandara juga sudah diterapkan kebijakan yang mewajibkan pemeriksaan terhadap barang elektronik, terutama laptop. Pemeriksaan itu dilakukan untuk mengecek apakah sistem operasi atau Windows yang digunakan laptop tersebut original atau bajakan, dan apabila ditemui adanya OS atau Windows bajakan, kemungkinan petugas akan menahan laptop tersebut dan pemilik akan diperiksa lebih lanjut untuk menentukan sanksi yang akan dijatuhkan.

5. Performa Akan Selalu Terjaga


Seiring dengan pemakaian terkadang kita merasakan bahwa performa PC semakin lama semakin lambat. Namun, dengan menggunakan Windows original, kita bisa juga mendeteksi beberapa masalah yang tidak kita ketahui. Dengan adanya fitur scan yang memungkinkan kita untuk mengoptimalkan kinerja PC kita.



Cara Mendapatkan Windows Original
1. Beli laptop dengan Windows genuine. Jika kamu mau dengan mudah mendapatkan Windows versi original maka belilah laptop yang memang sudah terpasang Windows genuine yang bisa kamu beli ditoko atau reseller resmi dari merek Laptop yang akan kamu beli. Walaupun harganya mungkin akan lebih mahal dari laptop lain.

2. Beli lisensi dari toko resminya. Kamu bisa membeli lisensi Windows original dari toko komputer yang memang menyediakan Windows original, atau kamu juga dapat membelinya dari website resmi microsoft (microsoft.com) dan memilih versi Windows yang cocok untuk kegiatan koputasimu. Harga Windows asli dari website resminya sekitar Rp2.199.999 untuk Windows 10 Home, dan Rp3.799.999 untuk Windows 10 Professional.



Dari penjelasan diatas bukannya tidak boleh menggunakan Windows bajakan, namun kamu harus mau menerima konsekuensinya. Terlebih jika kamu merupakan pelaku bisnis yang ingin data di dalam laptop atau komputer kamu tetap aman. Dengan memilih WIndows original, itu juga menjadi sebuah dukungan bagi para developer untuk terus mengembangkan karya mereka sekaligus membangun teknologi agar lebih maju lagi. 

Sumber : infocean-id.blogspot.com




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment